Selasa, 14 Maret 2017

Manisan pala

Buah pala ternyata tidak hanya bisa dimanfaatkan dengan mengambil bijinya saja. Daging buah pala juga banyak diolah menjadi panganan ringan yang menyegarkan yakni manisan pala. Makanan ini ternyata juga diyakini berkhasiat menurunkan tekanan darah dan menghilangkan pegal – pegal.
Banyaknya pohon pala yang tumbuh didataran tinggi membuat warga sekitar berupaya memanfaatkannya secara maksimal. Di Wanayasa Purwakarta, Jawa Barat warga tidak hanya memanfaatkan buah pala untuk diambil bijinya. Daging buah dapat diolah menjadi manisan. Adalah Yayah seorang warga yang telah lama menggeluti pembuatan manisan buah pala.
Dalam pembuatannya buah pala yang telah dipanen, direndam dalam air garam. Setelah dipisahkan dalam bijinya daging buah diiris dan dipukul hingga menyerupai kipas. Daging buah pala ini kemudian diolesi gula pasir hingga 2 kali. Pembuatan manisan dilanjutkan dengan proses vermentasi. Dalam proses ini buah pala menghasilkan air.
Air dari manisan basah inilah yang dipercaya dapat menyembuhkan beberapa penyakit, karena manfaatnya manisan pala ini diminati warga. 1 kilogram manisan pala dijual Yayah seharga 25 ribu rupiah.
Manisan Pala biasanya terbuat dari buah pala yang masih muda ataupun tua, buah ini biasanya akan diambil biji palanya yang akan dimanfaatkan sebagai rempah-rempah yang cukup tinggi harganya. sedangkan dagingnya dibikin manisan ini, wahh gak ada yang terbuang dong ya. ini dia resep rahasia dan cara membuat manisan pala dari RESEP4 yg bisa anda coba dirumah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar