Sabtu, 18 Maret 2017

kandungan nutrisi dan manfaat manisan rambutan

Kandungan nutrisi dan manfaat rambutan untuk kesehatan

Berdasarkan pada penelitian yang dilakukan oleh berbagai lembaga dan ahli kesehatan telah menunjukkan bahwarambutan memiliki manfaat kesehatan serta gizi yang serupa dengan jeruk dan apel. Di dalam buah rambutan terdapatbanyak senyawa penting seperti vitamin C, zat besi, fosfor, protein dan karbohidrat, semuazattersebutdibutuhkanoleh tubuh setiap hari.

Manfaat Buah Rambutan untuk Kesehatan

1. Anti Kanker

Rambutan mengandung antioksidan. Studi yang dilakukan oleh University of Chiang Mai di Thailand menemukan bahwa buah, biji dan kulit rambutan mengandung antioksidan kuat yang disebut flavonoid. Beberapa jenis flavonoid diyakini mampu mengurangi kolesterol, bersifat anti kanker dan anti inflamasi.

2. Melindungi dari efek Radikal Bebas

Salah satu senyawa dalam kulit rambutan adalah asam Galia. Senyawa ini bertindak sebagai penangkal radikal bebas.

3. Kaya Vitamin C

Rambutan kaya vitamin C. Jika seseorang mengkonsumsi 10 sampai 12 buah rambutan, maka dia memperoleh 75-90 mg asam askorbat, dua kali lebih banyak dari jumlah yang disarankan dalam menu sehari-hari. Selain berfungsi sebagai anti-oksidan, vitamin C dapat mencegah kerusakan sel dan membantu penyerapan zat besi.

4. Pembentukan Darah

Buah rambutan yang manis ini mengandung sejumlah kecil tembaga. Zat ini diperlukan sebagai pembentuk dari sel darah putih dan sel-sel darah merah. Selain itu, rambutan juga mengandung zat besi yang dapat mencegah terjadinya anemia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar