Sabtu, 18 Maret 2017

kandungan nutrisi buah naga

Kandungan Nutrisi Buah Naga


Dalam sekitar 100 gram buah naga, terkandung nutrisi yang sangat banyak, yaitu 60 kkal kalori, 0.71 serat, 0.53 gr protein, 11.5 gr karbohidrat, 0.65 mg zat besi,  134.5 mg kalsium, 9.4 vitamin C, 87 mg fosfor dan kadar air buah naga mencapai 90% serta masih banyak lagi kandungan dari buah dengan rasa manis ini.

Agar kita lebih mengetahui manfaat dari buah naga, pada ulasan berikut ini akan dijelaskan beberapa kandungan buah ini secara detail. Simak ulasannya berikut ini.

1.  Mengandung Banyak Vitamin

  • Vitamin C. Meskipun tidak memiliki rasa masam yang menyengat, buah ini ternyata juga memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Di dalam satu buah naga terkandung vitamin C yang dapat memenuhi kebutuhan vitamin C harian, bahkan 10 kali lebih banyak dari jumlah yang diharuskan. Dengan demikian, daya tahan tubuh akan tetap terjaga.
  • Vitamin B1. Vitamin B1 atau Thiamine merupakan vitamin yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Di dalam buah naga, jumlah kandungan vitamin B1 juga sangat banyak. Jika selama ini Anda mengonsumsi roti gandum untuk sarapan, Anda bisa mulai menggantinya dengan buah naga yang juga sama-sama memiliki kandungan vitamin B1 yang tinggi. Dengan begitu, sarapan Anda akan lebih sehat.
  • Vitamin B3. Vitamin B3 atau niasin merupakan nutrisi yang memiliki manfaat untuk menurunkan kadar kolesterol yang jahat dalam tubuh. Oleh karena itu, buah naga sangat disarankan untuk siapa pun yang memiliki kadar kolesterol yang tinggi. Dengan rutin mengonsumsi buah naga, kolesterol Anda akan turun dan menjadi normal.
  • Vitamin B12. Vitamin B12 atau riboflavin memiliki manfaat untuk menjaga sistem saraf agar tetap sehat dan juga melancarkan proses pembentukan DNA. Tak hanya itu, vitamin B12 juga sangat bermanfaat untuk mengatur pembentukan sel darah merah dalam tubuh. Di dalam buah naga juga terkandung vitamin B12.
  • 2.  Serat

    Di dalam buah naga juga terkandung nutrisi serat yang cukup tinggi. Serat sangat bermanfaat untuk tubuh terutama dalam menjaga proses pencernaan agar tetap lancar.

    3.  Mineral

    Dalam buah naga, mineral yang terkandung adalah fosfor dan kalsium. Dua mineral ini tentu memiliki manfaat yang berbeda. Persamaannya adalah keduanya memiliki kandungan manfaat yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang dan saraf.

    4.  Protein

    Gizi penting yang dibutuhkan tubuh salah satunya adalah protein. Protein sangat berperan dalam hal membangun dan juga mendorong proses  metabolisme tubuh. Tubuh bisa membentuk protein secara mandiri di dalam tubuh. Akan tetapi, tubuh tetap membutuhkan asupan protein dari luar tubuh dan ini bisa didapatkan dari buah naga.

    5.  Karbohidrat

    Buah naga juga memiliki kandungan karbohidrat yang cukup tinggi. Karbohidrat sendiri merupakan sumber energi yang dibutuhkan oleh tubuh. Bagi Anda yang sedang diet, Anda disarankan untuk mengontrol konsumsi karbohidrat. Untuk pengganti karbohidrat nasi, Anda bisa menggunakan buah naga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar